Oleh-oleh Khas Pontianak

Oleh-oleh Khas Pontianak

Oleh-oleh khas Pontianak – Ibukota provinsi Kalimantan bagian barat ini menjadi tempat berdirinya tugu Khatulistiwa yang dilintasi titik nol garis yang melintangi bumi. Nyatanya, di Pontianak juga tersedia banyak pilihan oleh-oleh khas Pontianak yang bisa Kamu bawa pulang sebagai buah tangan bagi kerabat dan tetangga dekat.

Lalu, apa saja oleh-oleh khas Pontianak yang cocok untuk Kamu bawa pulang. Berikut ini Kamu ulas daftar oleh-oleh khas Pontianak yang bisa Kamu jadikan opsi.

Daftar Oleh-Oleh Khas Pontianak

Dari sekian banyak pilihan, Kami coba memberikan 7 rekomendasi oleh-oleh khas Pontianak. Cekidot.

1. Sirup Sengkit

Kamu yang suka minuman manis dan segar, Kamu patut beli beberapa kaleng sirup ini. Sirup yang satu ini menggunakan jeruk sengkit sebagai bahan dasarnya. Sebelum tersaji di kemasan, jeruk sudah diolah terlebih dahulu, termasuk diawetkan serta diberi tambahan gula.

Harganya yang berkisar 30 ribuan tentu sebanding dengan rasa manis dan asam yang menjadi citarasa sirup ini ketika dituang dalam gelas.

2. Kacang Pinatsu

Kamu mungkin sudah menemukan berbagai jenis varian kacang dari berbagai daerah. Hanya saja, alangkah sayang jika Kamu melewatkan kacang khas Pontianak ini.

Cemilan yang berbahan dasar kacang tanah ini diolah sedemikian rupa dalam bentuk yang tidak terlalu besar, dengan bentuk yang lucu dan tentunya gurih ketika dimakan. Harga satu bungkus dengan berat 150 gram umumnya dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu saja.

3. Manisan Kandis Salju

Daerah Kalimantan yang beriklim tropis memang otomatis membuat banyak sekali jenis flora yang bisa diolah masyarakat. Salah satunya adalah mangga hutan.

Manisan ini dibuat dari olahan mangga hutan yang dilumuri dengan tepung gula putih. Maka dari itu namanya kandis salju. Cita rasa asam manis pada manisan ini bisa Kamu tebus dengan harga mulai 18 ribu untuk ukuran 200 gram.

4. Gula Durian

Apakah Kamu penggemar selai manis? Jika iya, Kamu bisa cobain cita rasa selain yang diolah dari buah durian ini.

Menariknya, selai ini dibuat dengan durian asli, bukan perasa yang hanya sekedar ‘memanipulasi’ rasa durian. Kamu bisa mendapatkannya di Delicia Cake Pontianak yang ada di sekitar Jalan HM Suwignyo dengan harga 60 ribu untuk isi sebanyak 280 ml.

5. Hiasan Khas Dayak

Kamu tahukan suku Dayak? Sebuah suku asli Kalimantan yang memiliki budaya termasuk berbagai aksesoris yang khas dalam menjalankan kehidupannya.

Nah, apabila Kamu main ke Pontianak, Kamu bisa membeli berbagai souvenir khas Dayak yang tentu saja sangat eksentrik dan menarik. Mulai dari aneka kalung, dompet, hingga gelang. Harganya variatif tergantung apa yang Kamu beli.

6. Juhi Bakar

Juhi adalah bahasa lain dari ikan sotong. Ikan ini banyak terdapat di Pontianak dan diolah dalam berbagai macam kuliner. Salah satunya juhi bakar.

Sebelum disajikan bersama dengan sambal khas, ikan juhi terlebih dahulu digiling serta dibakar. Selain enak dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, Kamu juga mudah menemukannya di Pontianak.

7. Kopi Sepok

Coffe hunter yang aneka citarasa kopi di dunia bisa coba bawa pulang kopi sepok. Kopi dengan citarasa khas Pontianak ini bisa dengan mudah ditemukan di warung-warung.

Jangan heran, karena ini adalah salah satu brand unggulan asli Pontianak yang disukai oleh banyak orang.

Demikianlah 7 oleh-oleh khas Pontianak yang bisa Kami berikan untuk Kamu. Semoga bisa membantumu dalam mencari oleh-oleh terbaik bagi orang-orang tercinta di tempat tinggalmu.