Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

Mundosteampunk – Memasuki abad ke-21, dunia mengalami yang namanya Globalisasi. Globalisasi merupakan proses meluasnya berbagai hal ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat. Dampak positif dan negatif Globalisasi kemudian dirasakan oleh masyarakat di penjuru dunia.

Banyak hal yang mudah sekali menyebar di era Globalisasi. Baik itu kemajuan teknologi, pengetahuan, informasi, berita, dan banyak lagi. Semuanya kini dengan mudah diketahui dan didapat oleh masyarakat global.

Berikut ini Kami sajikan dampak positif Globalisasi dan dampak negatif Globalisasi. Sehingga Kamu bisa mengetahui seberapa luas dan terasa pengaruhnya.

Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif disini artinya bahwa Globalisasi memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat dunia yang merasakannya. Ada beberapa hal positif yang dimaksud dan mungkin juga Kamu rasakan.

1. Kemudahan Belajar

Puluhan tahun yang lalu, untuk dapat belajar, manusia dibatasi dengan jarak dan waktu. Sehingga belajar terbatas dilakukan di kelas-kelas yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Namun berkat globalisasi, manusia belajar apapun dan dimanapun. Bukan hanya kepada guru-guru di tempatnya bersekolah, namun juga kepada orang-orang hebat di penjuru dunia. Baik itu melalui mesin pencari, media sosial, Youtube, dan lainnya.

2. Kemudahan Mendapat Berita

Dulu, untuk membaca sebuah berita orang harus membeli koran dan membayar untuk mendapatkannya. Makanya, orang yang melek berita kala itu sangat sedikit. Hanya terbatas kalangan tertentu saja.

Namun, akibat Globalisasi, kini semua orang bisa mengakses berita dengan sangat mudah. Hanya bermodal kuota data yang beberapa kilobyte saja. Sehingga semuanya lebih mudah mengetahui apa yang terjadi di daerahnya, negaranya, hingga luar negeri.

3. Kemudahan Berbisnis

Dengan adanya Globalisasi yang melahirkan banyak teknologi baru, orang-orang juga semakin mudah untuk menjalankan bisnis.

Tak perlu menunggu punya uang puluhan juta untuk membuka ruko atau toko di tempat strategis. Banyak platform Marketplace yang memudahkan orang membuka toko online. Bahkan, bisa juga dengan cara yang lebih sederhana seperti lewat media sosial atau media perpesanan seperti WA.

Dampak Negatif Globalisasi

Namun, dibalik berbagai kemudahan yang lahir, ada juga dampak buruk Globalisasi yang memberikan bahaya bahkan kerusakan bagi kehidupan masyarakat. Antara lain:

1. Semakin Banyak Jenis Kejahatan

Adanya berbagai kecanggihan teknologi juga nyatanya menambah banyak jenis kejahatan yang mesti diwaspadai oleh masyarakat. Kini, penipuan, pencurian, pencemaran nama baik, dan berbagai hal jahat lainnya bisa dilakukan lebih mudah, bahkan secara jarak jauh.

Semua kemampuan tersebut juga tak lepas dari penyebaran tutorial-tutorial berbuat jahat yang juga mudah ditemukan di Internet.

2. Semakin Menurunnya Kehangatan antar Individu

Harus diakui, Globalisasi juga membuat orang-orang yang tadinya senang berinteraksi secara langsung kini lebih banyak menunduk dan memperhatikan ponsel pintarnya. Akibatnya, satu sama lain menjadi kurang interaksi yang hangat.

Bukan hanya antar teman, bahkan antar anggota keluarga juga terjadi fenomena yang semacam ini.

3. Semakin Mudahnya Orang Termakan Berita Bohong (Hoax)

Orang-orang yang tak bertanggung jawab di era Globalisasi juga tak sedikit yang memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan kebohongan. Melalui berbagai berita yang mereka sebar di Internet, media sosial, atau messenger.

Tak jarang kemudian masyarakat menjadi tersulut dan terprovokasi sehingga saling curiga dan menyimpan kebencian. Ini juga tentu saja masalah yang cukup besar.

Dampak positif dan negatif Globalisasi ini tentu saja menjadi PR bersama, terutama Pemerintah, untuk membuat kebijakan yang mengatur berbagai hal sehingga masyarakat tetap baik dan hanya menerima dampak positifnya saja.

Anda mungkin juga suka...