15 Contoh Perubahan Sosial Dan Budaya

Contoh Perubahan Sosial Dan Budaya

Contoh perubahan sosial dan budaya – Manusia adalah mahluk sosial dimana terus menerus mengalami perubahan cara bersosialisasi. Hal tersebut tentunya bukan hanya terjadi pada individu saja, karena disetiap individu pasti berubah dan berkembang kemudian dari setiap individu itu membentuk kelompok dan seterusnya kelompok membentuk masyarakat. Jadi secara tidak langsung masyarakat pun akan ikut terpengaruh oleh perubahan sosial dan itulah yang disebut perubahan sosial dan budaya.

Contoh Perubahan Sosial dan Budaya di Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh yang mempengaruhi perubahan sosial dan budaya.

1. Gaya Hidup

Gaya hidup seseorang dapat menjadi salah satu faktor perubahan sosial dan budaya. Masyarakat mempunyai gaya hidupnya tersendiri, ada yang memilih gaya hidup positif, ada pula yang terjerumus dalam gaya hidup negatif yang bahkan mungkin bisa merugikan orang lain.

2. Pola Pikir

Dengan banyak dan mudahnya informasi mengenai apa saja yang terjadi di dunia ini masuk, membuat masyarakat menjadi lebih kritis dalam menanggapi suatu hal.

3. Komunikasi

Dengan berkembangnya teknologi kita sekarang ini membuat cara kita berkomunikasi pun berubah, jika kita lihat dari sisi positifnya mungkin sekarang cara kita berkomunikasi jauh lebih mudah daripada sebelumnya menggunakan pos, namun dengan mudahnya komunikasi ini juga membuat mudahnya dilakukannya peretasan.

4. Mode atau Trend

Mode dan trend yang sedang keluar dan heboh akhir-akhir ini juga dapat mempengaruhi perubahan sosial budaya kita juga, contohnya k-pop, jejepangan, dan lain sebagainya baik itu fashion, cara berbicara, budaya, dll.

5. Musik

Sama halnya dengan mode dan trend, musik juga dapat berubah-ubah seiring perkembangannya dan popularitasnya di dunia, yang membuat perubahan sosial dan budaya dalam hal selera musik.

Baca juga: Game slot terbaik di Android

6. Ekonomi

Faktor ekonomi juga mempengaruhi perubahan sosial, dimana adanya kesenjangan untuk menikmati apa yang mampu kita beli, misalnya masyarakat menengah keatas yang lebih suka membeli produk branded luar negri dikarenakan lebih berkualitas, dan lain sebagainya.

7. Kepercayaan

Perubahan dalam hal kepercayaan terlihat Ketika jaman dahulu masyarakat Indonesia lebih percaya ajaran nenek moyang dan hal berbau mistis dan mitos lainnya, namun sekarang lebih mengedepankan logika dan akal sehat serta ajaran-ajaran agama lainnya yang tersebar di Indonesia.

8. Pendidikan

Di jaman modern ini membuat kita sangat mudah mengakses Pendidikan baik itu melalui video, atau artikel dan jurnal yang diupload ke internet dibandingkan dahulu yang hanya mengandalkan buku dan ilmu turun-temurun.

9. Industri

Perubahan teknologi yang terjadi juga membuat perkembangan pada industri sehingga mempermudah dan meningkatkan produksi industri, akan tetapi hal tersebut membuat berkurangnya lapangan pekerjaan dikarenakan tergantikan oleh mesin.

10. Budaya Kebaratan

Di era globalisasi ini banyak sekali budaya barat yang masuk, contoh kecil saja masuknya hari raya valentine dan hallowen serta hari raya lainnya.

11. Emansipasi Wanita

Dahulu wanita hanya dianggap sebagai ibu untuk anak-anak kita dan sebagai pengurus rumah tangga kita, namun seiring perkembangan jaman munculah Gerakan kesetaraan gender yang membuat wanita mampu bekerja sesuai kemampuannya dan dipandang tidak seperti ibu rumah tangga pada umumnya.

12. Makanan

Perubahan sosial juga dapat terlihat pada makanan yang saat ini kita sedang makan dan sering lihat, seperti adanya fried chicken, pizza, spaghetti, dan lainnya.

13. Tempat Tinggal

Di jaman ini kita sudah hamper jarang menemui rumah adat daerah masing-masing dan lebih banyak menemui rumah modern ataupun Gedung-gedung apartemen.

14. Politik

System politik kita saat ini sudah sangat memanfaatkan teknologi, bahkan media sosial untuk sarana kampanye.

15. Kesenian

Banyaknya kesenian modern yang ditawarkan oleh negeri asing membuat masyarakat lebih memilih kesenian tersebut dibandingkan kesenian dari negeri kita sendiri yang membuat kesenian daerah semakin tersingkirkan.